Call  Centre : 0308163 SOSOR SILOBU 
Promotional text: H O R A S

PERISTIWAnews

HOME

Menjaga Alam dan Melestarikan Budaya

 

Medan, peristiwanews.com-Aktivis sosial, lingkungan dan politik Medan berkumpul di Penang Corner Jl. Dr. Mansyur/STMK-Medan pada pukul 18.00 s/d 22.00 WIB, senin ( 23/7 ). Disini mereka melakukan pemutaran film dokumenter yang berjudul “Kembali Menjarah Mentawai, Mentawai Tattoo Reval”, yang diselenggaran oleh beberapa aktivis lingkungan seperti Longgena Ginting dkk dan juga di dukung oleh NGO lokal seperti KOTIB.

Film dokumenter yang dibuat oleh Rahung Nasution (pecinta tato) ini menceritakan tentang sebuah suku yang bermukim di daerah Mentawai, tepatnya di Singkerei, menurutnya  itu di cekal oleh Negara untuk menggunakan adat-istiadat mereka. Adat mereka yang selalu menggunakan tato di sekujur tubuh dikafirkan oleh negara dengan tuduhan pemuja setan. Rahung sebagai pembuat film dan juga sebagai pembicara dalam diskusi ini mengatakan bahwa negara seharusnya memelihara dan melestarikan adat-istiadat yang ada di Indonesia sesuai dengan isi Undang-Undang Dasar 1945 RI.

Rahung juga mencekal kebijakan pemeritah, yakni SK No.167/PROMOSI/1954 yang berisi tentang “suku-suku yang masih hidup secara tradisional meninggalkan praktek-praktek primitif mereka dan memilih salah satu agama yang diakui oleh negara”. Dia mengatakan bahwa, tidak ada hubungannya tato dengan teologi, karena tato itu hanya melambangkan bangaimana keperkasaan manusia untuk menunjukkan karakternya dalam kehidupan, misalnya, seorang lelaki yang memiliki tato lengkap akan di sukai oleh mertuanya “ ujarnya.

Rahung yang juga memiliki banyak tato di sekujur tubuh seperti yang berada di kepalanya ini ingin membuka mata masyarakat Indonesia, bahwasannya tato itu bukanlah mengartikan sebuah “kriminal” seperti yang di gambarkan negara, melainkan lahir dari peradaban manusia yang menjadi budaya di Indonesia itu sendiri. Dia juga mengatakan bahwa budaya-budaya lama orang Indonesia hilang karena diakibatkan pengerusakan alam, sebab alam itu akan mempengaruhi peradaban manusia.

Disela-sela diskusi, acara ini juga di meriahkan oleh NAVICULA , salah satu band dari bali, yang juga mengkritik pemerintah dari lirik-lirik lagunya karena tidak bisa menjaga flora dan fauna Indonesia. Pertemuan ini hanya memberikan pesan pada pemerintah agar dapat menjaga alam dan melestarikan budaya, dan stop diskriminasi budaya di Indonesia.( Boy ).erha.

 

Cara Mudah Mengeluarkan Racun dari tubuh

Medan. Peristiwanews.com - Tubuh kita memiliki cara tersendiri untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Namun ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuang racun tersebut. Seperti yang dilansir dari Lifehack.org, berikut beberapa cara tersebut!

1. Kurangi makanan olahan dan instan

 Sebagai gantinya, cobalah mengkonsumsi buah dan sayur segar. Dengan begitu, maka kita akan mengurangi masuknya lemak, sodium, dan gula berlebih dalam tubuh kita. Buah dan sayur juga dapat membersihkan tubuh dan membuat kita merasa lebih berenergi.

 2. Minum teh hijau

Teh hijau adalah salah satu minuman yang dikenal akan kandungan antioksidannya. Kandungan tersebut dapat memperlancar metabolisme dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan efektif. 

 3. Latihan peregangan otot

Lakukanlah latihan untuk peregangan otot dengan pose yang dapat ditahan dalam waktu yang lama seperti yoga. Hal tersebut akan memperlancar aliran oksigen di dalam tubuh dan bisa membantu proses detoksifikasi. 

 4. Berkeringat

Ketika tubuh berkeringat, secara otomatis racun di dalam tubuh akan ikut keluar. Lakukan beberapa olahraga seperti kardio yang dilakukan dengan porsi yang cukup. 

 5. Minum air putih

Air putih dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Dengan minum cukup air putih, maka proses detoksifikasi akan lancar. Saat tubuh mendapat cukup asupan air, maka kulit pun akan ikut terlihat lebih segar.

 6. Meditasi

Siapa sangka bahwa racun juga ada dalam pikiran kita? Cara untuk membuangnya adalah dengan meditasi. Misalnya, saat bangun pagi, kita bisa melakukan meditasi. Duduk bersila, tenangkan pikiran, dan biarkan selama 15 menit. Dengan begitu maka pikiran kita akan lebih tenang dan rileks.

 7. Ke sauna

Saat di sauna, tubuh akan berkeringat. Namun jangan lupa kembalikan asupan cairan tubuh dengan minum air putih. Hal ini baik untuk menjaga proses metabolisme agar berjalan dengan baik.

 8. Buang air besar secara teratur

Ini adalah penting, karena jika tidak teratur, maka racun akan mengendap dalam tubuh. Agar lancar, coba makan makanan yang kaya akan serat. Agar metabolisme tetap lancar, maka buang air besar harus dilakukan setiap hari.

 9. Jangan merokok atau minum alkohol

Seperti yang kita tahu, rokok dan alkohol hanya akan menambah racun ke dalam tubuh. Maka hindari merokok dan minum alkohol agar racun tidak makin menumpuk di dalam tubuh kita.( Erha/net )

 

 Anggota DPRDSU Melakukan Reses ke Daerah

 

Medan,peristiwanews.com - Sebanyak 100 orang Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera utara melakukan reses ke daerah pemilihan masing-masing(dapil), selama beberapa hari mulai Senin (3/6/2013).
Sesuai Jadwal kegiatan DPRD Sumut yang diperoleh awak media akhir pekan lalu, Agenda reses keseluruhan anggota DPRD Sumut akan didampingi sejumlah staf  dari tiap komisi dari sekertariat dewan(setwan) DPRD Sumut.

Pendampingan reses anggota dewan oleh staf akibatkan hampir semua ruangan di gedung megah DPRD sumut tersebut tidak ada aktifitas.

Wakil Ketua DPRD Sumut Sigit Pramono Asri mengungkapkan kegiatan reses dilakukan sesuai  jadwal yang ada,“Anggota Dewan mulai hari ini reses ke dapil masing-masing,” ujarnya,Senin 3/6/2013 di DPRD Sumut.

Sigit sendiri melakukan kegiatan reses di Kota Medan yang merupakan dapilnya saat maju menjadi anggota DPRD Sumut 2009, lalu.

Informasi yang dikumpulkan Hampir semua laporan kegiatan reses I 2012-2013 dewan dari Dapil I hingga Dapil XI yang dihadiri seluruh SKPD Sumut masih didominasi kepada kerusakan fasilitas umum, khususnya persoalan infrastruktur jalan di daerah dan jalan provinsi.

Diketahui,Pada rapat paripurna dewan dalam penyampaian hasil pelaksanaan kegiatan reses I Tahun sidang IV tahun 2012-2013, pimpinan dan anggota DPRD Sumatera Utara ke kab/kota di Sumatera Utara menyampaikan bahwa temuan mereka di lapangan menyangkut kerusakan jalan.

Di samping itu, ada juga masalah pertanian, pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan kondisi para masyarakat nelayan.percepatan pembangunan.

Terpisah ,Ketua DPRD Sumatera Utara H Saleh Bangun mengatakan nantinya hasil laporan kegiatan reses setiap Dapil akan dibacakan dan diberikan kepada Gubernur Sumut H Gatot Pujo Nugroho ST dengan harapan menjadi masukan bagi Pemprovsu.

Penulis: Royman Simamora



IKLAN SPACE INI UNTUK ANDA

HUB : MARKETING

1. ERLIN HASIBUAN ( 08126344784 )

2. FERI SIBURIAN ( 081372577726 )

Polling
Siapa Presiden Pilihan Favorite Anda ?
 Jokowi
 Prabowo
 Wiranto
 Dahlan Iksan
 Aburizal Bakrie

view result


SPACE IKLAN TERSEDIA

Hub: Marketing Kami

1. ERLIN HASIBUAN ( 08126344784 )

2. FERI SIBURIAN ( 081372577726 )